Sponsors

Tuesday, January 26, 2016

Spring Caliper, Pengertian dan Cara Membacanya

Spring Caliper, Pengertian dan Cara Membacanya

1. Pengertian :
Spring Caliper Memiliki dua kaki dan salah satu ujungnya disambung menjadi satu dan dilengkapi dengan spring guna mengembalikan/mempertahankan Spring Caliper untuk selalu terbuka. Alat ini juga dilengkapi dengan screw pengikat guna mempertahankan Spring Caliper pada posisi yang dikehendaki. Spring Caliper dipakai untuk mengukur diameter luar/dimensi luar yang tidak bisa dijangkau oleh alat ukur, misal: mistar baja, outside micrometer. Contoh penggunaannya yaitu untuk pengukuran Track Roller pada mesin.
2. Kegunaan / Fungsi :
Dipakai untuk mengukur diameter luar/dimensi luar yang tidak dapat diraih oleh alat ukur yang lain.
3. Cara Menggunakan/Mengukur :
a. Kendorkan screw pengikat hingga kaki dari Spring Caliper membuka sesuai benda yang mau diukur. b. Dekatkan dengan benda kerja. c. Rekatkan sampai menyentuh benda kerja. d. Putar screw pengikat guna mempertahankan posisi kaki Spring Caliper. e. Lepaskan Spring Caliper dari benda kerja. f. Ukur bagian ujung kaki Spring Caliper dengan Mistar Baja. g. Catat hasilnya.
4. Tingkat Ketelitian :
Keakuratannya (0.125 cm)+0.0005 inchi.

5. Cara Membaca Skala dan Hasil :
Dengan memakai bantuan alat. cotohnya mistar baja, penggaris, dan lain-lain.
6. Bagian-bagian :
  • Sendi jangka
  • Mur penyetel
  • Jangka luar
  • Kaki
bagian spring caliper
7. Cara Kalibrasi :
Alat ini telah terkalibrasi bersamaan dengan proses pembuatannya, sehingga bisa langsung dipakai tanpa perlu kaibrasi sendiri

8. Nama lain :
  • Jangka Outside.
  • Outside Caliper.
9. Jenis-jenis :
a. Spring Outside Calipers. b. Firm joint screw adjusting outside calipers. c. Firm joint screw adjusting inside calipers. d. Spring inside calipers. e. Hermaphrodite calipers.
10. Cara Merawat :
bersihkan permukaan pengukuran dan bagian bagian lain yang terasa kotor, dan gunakan bahan anti korosi. Bagian-bagian yang berulir harus dilumasi secukupnya dengan oli yang bagus.

0 komentar:

Post a Comment